May 5, 2024
Toll Free: 0800-123-456
Peningkatan Produktivitas & Kualitas Bahan Instruksional

Penulisan Buku Ajar Sumber Dana PNBP

 

Pergeseran paradigma Pendidikan Nasional termasuk pendidikan tinggi dari pengajaran yang berpusat pada pendidik (teacher center) kepada pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student center learning) berimplikasi pada perlunya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen dalam hal pembelajaran. Adanya pergeseran pusat pembelajaran kepada mahasiswa bukan berarti tugas dosen sebagai pengelola pembelajaran berkurang tapi justru menjadi lebih berat. Pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa menempatkan dosen sebagai motivator, mediator, dan fasilitator. Sebagai motivator, mediator, dan fasilitator, dosen berfungsi untuk membangkitkan motivasi, mengarahkan, dan membimbing mahasiswa dalam hal belajar sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien guna pencapaian kompetensi.

Melihat fungsi dan tugas dosen tersebut, maka kompetensi dan keterampilan dosen dalam hal pembelajaran perlu ditingkatkan. Peningkatan kompetensi dan keterampilan dosen tersebut akan berimplikasi pada peningkatan mutu proses pembelajaran dan pada akhirnya akan meningkatkan mutu lulusan sehingga mereka memiliki daya saing untuk mendapatkan pekerjaan.  Salah satu kompetensi dosen yang perlu ditingkatkan dalam hal pembelajaran adalah kemampuan dosen membuat buku ajar yang merupakan materi yang akan diajarkan selama satu semester. Dengan mempersiapkan buku ajar yang lengkap untuk satu semester untuk mata kuliah yang diasuh, dosen akan membantu mahasiswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka masing-masing dan mendorong mereka untuk dapat belajar secara mandiri.

Untuk dapat merancang dan membuat bahan ajar yang baik, maka dosen perlu memiliki kemampuan dan keterampilan dalam hal pembuatan buku ajar, yang meliputi: perumusan kompetensi yang akan dicapai dalam mata kuliah yang diasuh, membuat RPS, menyusun kontrak perkuliahan, merumuskan dan mengembangkan kompetensi dasar dan indikator, merancang proses pembelajaran, dan pada akhirnya menyusun buku ajar.

Lihat lengkap prosedur penulisan buku ajar klik