May 5, 2024
Toll Free: 0800-123-456
Peningkatan Produktivitas & Kualitas Bahan Instruksional

Penulisan Buku Ajar Sumber Dana BOPTN

Pergeseran paradigma Pendidikan Nasional termasuk pendidikan tinggi dari pengajaran yang berpusat pada pendidik (teacher center) kepada pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student center learning) berimplikasi pada perlunya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen dalam hal pembelajaran. Adanya pergeseran pusat pembelajaran kepada mahasiswa bukan berarti tugas dosen sebagai pengelola pembelajaran berkurang tapi justru menjadi lebih berat. Pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa menempatkan dosen sebagai motivator, mediator, dan fasilitator. Sebagai motivator, mediator, dan fasilitator, dosen berfungsi untuk membangkitkan motivasi, mengarahkan, dan membimbing mahasiswa dalam hal belajar sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien guna pencapaian kompetensi.

 Melihat fungsi dan tugas dosen tersebut, maka kompetensi dan keterampilandosen dalam hal pembelajaran perlu ditingkatkan. Peningkatan kompetensi dan keterampilan dosen tersebut akan berimplikasi pada peningkatan mutu proses pembelajaran dan pada akhirnya akan meningkatkan mutu lulusan sehingga mereka memiliki daya saing untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satu kompetensi dosen yang perlu ditingkatkan dalam hal pembelajaran adalah kemampuan dosen menulis buku ajar setiap mata kuliah. Buku ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan merupakan materi yang ditulis untuk proses pembelajaran selama satu semester. Di samping materi, dalam buku ajar tertuang perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta indikator-indikator yang akan dicapai, RPS, Kontrak Perkuliahan, dan instrumen evaluasi dan penilaian. Dengan tersedianya bahan ajardalam bentuk buku ajar yang lengkap masing-masing mata kuliah untuk satu semester akan membantu mahasiswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka masing-masing dan mendorong mereka untuk dapat belajar secara mandiri.

Penulisan Buku Ajar Mata Kuliah di Universitas Negeri Manado (UNIMA) adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bahan instruksional dalam bentuk buku ajar, memperlengkapi penyediaan buku ajar untuk masing-masing mata kuliah yang memang harus diakui bahwa ketersediaannya di masing-masing program studi masih sangat minim. Di samping itu, penulisan buku ajar ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, yang pada akhirnya akan menjadikan para mahasiswa berkualitas pula karena dengan tersedianya buku ajar akan mendorong mahasiswa semakin giat belajar secara mandiri.

Tujuan Penulisan

  1. untuk meningkatkan produktivitas bahan instruksional mata kuliah di program studi dalam lingkungan Unima;
  2. untuk menghasilkan buku ajar yang utuh dan lengkap untuk masing-masing mata kuliah yang dilengkapi dengan perangkat yang diperlukan untuk penulisan buku ajar.

 

Penulisan buku ajar juga harus memenuhi karaktersitik sebagai berikut:

  1. Menimbulkan minat dari pembaca
  2. Ditulis dan dirancang untuk digunakan mahasiswa
  3. Menjelaskan tujuan instruksional/kompetensi
  4. Disusun berdasarkan pola “belajar yang fleksibel”
  5. Strukturnya berdasarkan kompetensi akhir yang akan dicapai
  6. Berfokus pada pemberian kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih
  7. Mengakomodasikan kesukaran belajar mahasiswa
  8. Selalu memberikan rangkuman
  9. Gaya penulisan (bahasanya) komunikatif dan semi formal
  10. Dikemas untuk digunakan dalam proses instruksional/pembelajaran.
  11. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa
  12. Mencantumkan petunjuk belajar

Penulisan buku ajar harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau bahasa asing lainnya sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa tersebut

Penulisan buku ajar harus mengikuti prosedur penulisan sendiri bukan pengemasan kembali informasi atau penataan informasi. Model penulisan sendiri digunakan dengan asumsi bahwa:

  • Dosen adalah pakar dalam bidang ilmu tertentu
  • Dosen mempunyai kemampuan menulis
  • Dosen mengerti kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu tersebut
  • Aliquip ex ea commodo consequat
  • Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate
  • Velit etssse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur
  • Excepteur sintasr occaecat cupidatat non proident
  • Sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum

Teaching Faculty