May 5, 2024
Toll Free: 0800-123-456
Peningkatan Kualitas Dosen Dalam Hal Kegiatan Pembelajaran

Pelatihan PEKERTI

Pergeseran paradigma Pendidikan Nasional termasuk pendidikan tinggi dari pengajaran yang berpusat pada pendidik (teacher center) kepada pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student center) berimplikasi pada perlunya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen dalam hal pembelajaran. Adanya pergeseran pusat pembelajaran kepada mahasiswa bukan berarti tugas dosen sebagai pengelola pembelajaran berkurang tapi justru menjadi lebih berat. Pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa menempatkan dosen sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator, dosen berfungsi mengarahkan, membimbing dan mengendalikan proses pembelajaran agar dapat berlangsung secara efektif dan efisien guna pencapaian kompetensi. Oleh sebab itu, peningkatan kompetensi dosen dalam hal pembelajaran perlu ditingkatkan, baik menyangkut penguasaan konsep, gagasan maupun prosedur dan langkah-langkah pembelajaran, demikian juga inovasi-inovasi yang muncul dalam bidang pembelajaran. Peningkatan kompetensi dosen tersebut akan berimplikasi pada peningkatan mutu proses pembelajaran dan pada akhirnya akan meningkatkan mutu lulusan. Upaya peningkatan kompetensi dosen dalam hal pembelajaran di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui berbagai cara termasuk di dalamnya program-program pelatihan, workshop, lokakarya, dan sebagainya.

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) sebagai salah satu lembaga yang ada di Universitas Negeri Manado (Unima) bertugas untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu proses pembelajaran di Unima. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap mutu proses pembelajaran, LP2AI Unima dalam program-programnya banyak dirahkan untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen, seperti program Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). LP2AI Unima memprogramkan pelaksanaan Pelatihan PEKERTIĀ  yang ditujukan bagi dosen-dosen muda dan senior dalam lingkungan Unima. Secara umum, pelaksanaan program pelatihan PEKERTI telah diawali dengan persiapan, yaitu mengirimkan undangan kepada dosen-dosen yang akan mengikuti pelatihan ini kepada Fakultas, Jurusan/Program Studi dalam lingkungan Unima. Setelah semua persiapan selesai dilakukan, termasuk pendaftaran peserta, pengadaan materi pelatihan dan menghubungi para instruktur, panitia mengadakan rapat bersama-sama dengan para instruktur untuk membicarakan teknis pelaksanaan pelatihan mulai dari penyajian materi, tugas dan latihan yang akan dikerjakan oleh para peserta sampai pada teknis pelaksanaan pengajaran mikro (micro teaching).

Peserta dan Instruktur

Program pelatihan ini telah diikuti oleh peserta yang terdiri dari dosen-dosen Unima yang merupakan utusan dari tiap-tiap fakultas dalam lingkungan Unima. Peserta ini terdiri dari dosen-dosen senior yang belum pernah dan berkeinginan mengikuti pelatihan ini, walaupun pelatihan ini dipersyaratkan bagi dosen-dosen muda. Tapi karena para peserta berkeinginan menguasai hal-hal yang bersifat inovatif dalam pembelajaran, maka mereka mau mengikuti pelatihan ini. Dengan demikian penyelenggaraan pelatihan tahun ini, diikuti oleh para peserta dengan penuh antusias, mengingat apa yang dipelajari dan dilatihkan dalam pelatihan ini dirasa sangat bermanfaat bagi dosen di samping memang untuk memenuhi persyaratan agar semua dosen memiliki sertifikat PEKERTI.

Yang menjadi instruktur dalam pelatihan ini adalah dosen-dosen Unima yang telah mengikuti pendalaman materi PEKERTI, dan para dosen yang ahli di bidangnya masing-masing, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran dan telah berpengalaman sebagai instruktur pelatihan PEKERTI.

Materi Pelatihan PEKERTI

  • Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi
  • Pendidikan Sebagai Sistem
  • Teori Belajar dan Motivasi
  • Model-Model Pembelajaran Inovatif
  • Pembelajaran Orang Dewasa
  • Taksonomi Tujuan Instruksional
  • Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar
  • Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar
  • Rencana Pembelajaran Semester (RPS) & Kontrak Perkuliahan
  • Hakikat Metode Instruksional
  • Metode Pemberian Tugas
  • Team Teaching
  • Praktikum
  • Media Sederhana
  • Penilaian Hasil Belajar
  • Praktik Mengajar